Home » Blog » Bolehkah Merayakan Tahun Baru Masehi?

Bolehkah Merayakan Tahun Baru Masehi?

Posted on 19/01/2023 by ◦ Views: 245x ◦ Category: Blog, Motivasi dan Inspirasi

Telah diketahui semua orang bahwa perayaan tahun baru masehi bukanlah kebudayaan islam. Bahkan kebudayaan ini berasal dari kebudayaan non muslim. Dan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mengajarkan kepada umatnya untuk, meninggalkan dan menjauhi perayaan-perayaan terutama yang berulang pada setiap tahunnya (‘Ied) yang berasal dari non muslim. Dalam hadits yang shahih dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, dia berkata, saat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam datang ke Madinah, mereka memiliki dua hari besar untuk bermain-main. Lalu beliau bertanya, “Dua hari untuk apa ini ?” Mereka menjawab, “Dua hari di mana kami sering bermain-main di masa Jahiliyyah.” Lantas beliau bersabda: “Sesungguhnya Allah telah menggantikan bagi kalian untuk keduanya dua hari yang lebih baik dari keduanya: Iedul Adha dan Iedul Fithri.” (HR. Abu Dawud)

Dan dari Abdullah bin Amr bin Al-Ash radhiyallahu ‘anhu, dia berkata, “Barangsiapa yang berdiam di negeri-negeri orang asing, lalu membuat tahun baru dan festival seperti mereka serta menyerupai mereka hingga dia mati dalam kondisi demikian, maka kelak dia akan dikumpulkan pada hari kiamat bersama mereka.” (Lihat ‘Aun Al-Ma’bud Syarh Sunan Abi Daud, Syarah hadits no. 3512)

Kemudian Allah juga mengisyaratkan hal yang sama. Allah Ta’ala menjelaskan ciri-ciri ‘Ibadur Rahman (hamba-hamba Allah yang beriman):

والذين لا يشهدون الزور وإذا مروا باللغو مروا كراما

Artinya:
“Dan orang-orang yang tidak memberikan persaksian palsu, dan apabila mereka bertemu dengan (orang-orang) yang mengerjakan perbuatan-perbuatan yang tidak berfaedah, mereka lalui (saja) dengan menjaga kehormatan dirinya.” (Qs. Al-Furqan: 72)

Sebagian ulama seperti Rabi’ bin Annas rahimahullah menafsirkan الزور (az zuur) pada ayat diatas dengan “hari-hari besar kaum musyrikin” (Lihat Mukhtashor Al Iqtidho‘)

Maka, sikap hamba-hamba Allah yang beriman terhadap perayaan orang-orang non muslim adalah tidak mengikutinya, namun berlalu saja dengan penuh kemuliaan sebagai seorang muslim. Maka juga termasuk bentuk merayakan seperti menghadiri, atau minimal hanya membeli terompet saja untuk merayakannya, hal ini bertentangan dengan ayat diatas dan patut diragukan keimanannya.

Islam Melarang Tabdzir
Dalam merayakan tahun baru, tentu ada biaya yang dikeluarkan. Bahkan, sampai-sampai ada yang menghabiskan uang 1 sampai 2 milyar hanya untuk mengadakan acara peringatan pergantian tahun!?! Padahal acara tersebut tidak memiliki manfaat yang begitu berarti, baik untuk kebutuhan duniawi apalagi kebutuhan ukhrowi. Maka acara seperti ini dalam syariat islam dinilai sebagai acara yang sia-sia saja. Sehingga menghamburkan banyak harta dalam acara seperti ini adalah termasuk menyia-nyiakan harta, atau disebut juga tabdzir, Allah melarang perbuatan tersebut dan mengecam pelakunya yang disebut mubadzir.

Allah Ta’ala berfirman:

إن المبذرين كانوا إخوان الشياطين وكان الشيطان لربه كفورا

Artinya:
“Sesungguhnya para mubadzir (pemboros) itu adalah saudara-saudara dari setan. Dan setan itu adalah makhluk yang ingkar terhadap Rabb-nya.” (Qs. Al Isra: 27)

Allah Ta’ala tidak mencintai orang-orang yang memboroskan harta. Sedangkan uang yang digunakan untuk perayaan tahun baru adalah termasuk perkara membuang-buang harta. Maka seorang muslim yang baik tidak akan mau dengan mudah membuang-buang harta hanyanya untuk perayaan semacam ini yang sama sekali tidak akan menambah kemuliaannya di dunia maupun di akhirat.

Tags: , , , , , , , , ,

Share to

Posted by

AlilaHijabku.com merupakan Distributor Hijab Alila, Hijab Alila merupakan salah satu brand pelopor Hijab Syari di Indonesia yang lahir pada tanggal 11 November 2012. Diprakarsai oleh ustadz Felix Siauw, Ummu Alila dan Benefiko, Hijab Alila hadir untuk menjawab segala kebutuhan muslimah dalam berhijab syari. Insya Allah semua produk Hijab Alila sudah sesuai dengan syariat yang sudah ditentukan oleh Allah SWT sehingga para muslimah sudah tidak ragu lagi memakainya =)

Bolehkah Merayakan Tahun Baru Masehi?

Other Articles

photo6111744918000085179
Gamis Hari Donker dan Grey
Posted on 02/07/2019 by

READY STOCK!!! ⠀ • Gamis Hari ▫️Donker ▫️Grey Harga Rp. 235.000 Bahan Wolvis Bukaan depan kancing, Busui friendly Bukaan Tangan resleting, Wudhu friendly Ada kantong samping kanan dan kiri...

photo6246609558269175893
Khimar Shirin Mocca
Posted on 13/05/2019 by

READY STOCK!!! ⠀ • Khimar Shirin Pet & Soft Pet ▫️Mocca Harga M= Rp. 250.000 L= Rp. 265.000 Bahan Ceruti Terdapat bordir bunga-bunga cantik Model khimar penguin (bagian belakang lebih panj...

IMG_20210825_234546_219
Gamis Yarasa white
Posted on 25/08/2021 by

Gamis Yarasa⁣⁣ ▫️White Harga: Rp. 245.000 Bahan WOLLYCREPE⁣⁣ Model kalong⁣⁣ Bukaan depan kancing⁣, busui friendly⁣⁣ Bukaan tangan kancing⁣, wudhu friendly⁣⁣ Kantong kanan k...

photo6293882785827498151
Khimar Fitri Pet Light Pine
Posted on 29/05/2019 by

READY STOCK!!! ⠀ • Khimar Fitri Pet ▫️Light Pine Size M= Rp. 235.000 L= Rp. 250.000 Bahan Queen Crepe Khimar Instan 2 layer Model penguin, panjang depan standar agar lebih mudah bergerak ⠀ ...

Comment (0)

There are currently no comments available

Please write your comments

Your email address will not be published. Fields marked with an asterisk (*) are required.

*

*

Bolehkah Merayakan Tahun Baru Masehi?

Alila
● online
Hello, my name is Alila
just now
Can I help you?
just now