Butuh Bantuan? Customer service Distributor Hijab Alila siap melayani dan membantu Anda.
INFO : Alila Fair Online sedang berlangsung, yuuk segera hubungi kami dear :) Diskon up to 30% INFO : Alila Fair Offline sedang berlangsung, yuuk segera kunjungi kami dear :) Diskon up to 70%
Beranda » Artikel Terbaru » Tips Untuk Bunda Yang Terlalu Memanjakan Anaknya

Tips Untuk Bunda Yang Terlalu Memanjakan Anaknya

Diposting pada 24 Juli 2021 oleh Distributor Hijab Alila | Dilihat: 28 kali

Assalamu’alaykum bunda shalihat.. Bunda masih semangat untuk terus memperbaiki diri kan ? Kali ini @alilakids mau kasih tips untuk Bunda yang terlalu memanjakan anaknya.

.
Tips pertama berhentilah menyuapi makan ya bunda.. Umumnya agar si anak mau makan maka bunda menyuapinya. Padahal, jika anak tak dibiasakan makan sendiri, bisa-bisa sampai di akhir usia prasekolah pun, sianak belum terampil makan sendiri. Padahal, di usia 5 tahun harusnya anak sudah bisa makan sendiri. Bila si anak sampai lupa waktu makan, orangtua harus menerangkan perlunya makan. Misal, “Kalau kakak tidak mau makan, nanti sakit. Kalau kakak nanti sakit, nanti gak bisa maen dan ke sekolah”. Jika anak asik dengan kegiatannya dan tak mau makan tak usah dipaksa ya bunda, sediakan saja cemilan bergizi disampingnya ya. Bila perlu tawarkan anak mau makan apa. Biasanya, jika pilihan sendiri mereka akan makan dengan lahap.
.
Tips kedua jangan paksa anak menghentikan aktivitasnya ya bunda. Berilah kesempatan pada anak untuk mengatur jadwal aktivitasnya, jika ia melanggar berilah pengertian, “Kak, sekarang kan sudah jam 5. Ayo, jadwal kaka kan jam 5 mandi” Bila mereka ingin mengulur waktu berilah tenggang 10 menit. Beri juga pengertian, pentingnya menepati jadwal sendiri. Tentu orangtua tidak boleh terlalu saklek. Bila hari libur, jadwal anak boleh santai.
.
Tips ketiga berhentilah melarang tanpa menjelaskan. Contoh, anak memotong kertas dengan gunting. Bunda melarangnya dengan berkata “Tidak boleh, ini bukan mainan! ” tanpa ada penjelasan. Seharusnya bunda menjelaskan misal “Kak gunting ini tajam, jadi harus hati-hati ya memegangnya. Cara pakainya seperti ini ya”. Dengan orangtua menjelaskan dan memeragakannya, anak akan mengerti.
.
Tips keempat tanggapilah ajakan komunikasi si anak ya bunda. Sering karena bunda sibuk dengan dapur, hp, membaca, dll bunda ‘mengusir’ anak yang ingin mengobrol. Bila setiap ingin bertanya sianak tidak direspon maka rasa keingintahuan mereka lama kelamaan akan terkikis bunda. Bila anak bertanya pada saat bunda sibuk, buatlah kesepakatan misal, “Kak, bunda sedang repot. Tunggu sebentar ya?? ” Dan bunda harus mematuhi kesepakatan ini, anak akan dilatih kesabarannya tanpa kehilangan kesempatan berkomunikasi dengan orangtua.
.
Tips kelima biasakanlah anak tuk memilih. Penting mengajari anak untuk memutuskan pilihannya sendiri. Contoh, memilih baju yang dipakainya setelah mandi. Jika orangtua tidak cocok bisa diberikan alternatif. Buatlah daftar hal-hal yang bisa didiskusikan. Dari sini anak bisa melihat, “Meski aku tidak boleh melakukan A, tetapi aku boleh melakukan B.” Anak juga belajar, tidak semua yang diinginkannya akan diperoleh. Memberikan kesempatan memilih pada anak bukan cuma melatih kemandirian, tetapi juga tanggungjawab, dan membuat anak merasa dihargai. Lambat laun, dapat mengasah kemampuannya untuk memutuskan sesuatu dengan baik.
.
Tips keenam berhentilah menunggu anak disekolah ya bunda. Bila terus ditunggui, rasa percaya diri anak menjadi tidak berkembang. Ia tak kunjung yakin bisa menjaga dirinya sendiri. Padahal di usia pra sekolah, penting bagi anak untuk punya kemampuan untuk mengatur dirinya sendiri.
.
Tips ketujuh temanilah anak pada saat bermain ya bunda. Dengan menemani anak bermain, orangtua dapat mengenalkan sesuatu yang baru. Dengan kata lain, mainan apapun yang diberikan bisa menjadi edukatif selama orangtua bisa menggunakan mainan tersebut sebagai media untuk menyampaikan pesan-pesan kepada anak. Semoga bermanfaat bunda.
.
Taat sejak dini, tuk lahirkan generasi islami.
.
#AjariAkuMandiri #Alilakids

Bagikan informasi tentang Tips Untuk Bunda Yang Terlalu Memanjakan Anaknya kepada teman atau kerabat Anda.

Tips Untuk Bunda Yang Terlalu Memanjakan Anaknya | Distributor Hijab Alila

Belum ada komentar untuk Tips Untuk Bunda Yang Terlalu Memanjakan Anaknya

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Orang lain melihat produk ini, mungkin Anda juga tertarik?

Edisi Terbatas
BayLa Pastel Green

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 280.000
Tersedia / BayLa Pastel Green
Rp 280.000
Stok: Tersedia
Kode: BayLa Pastel Green
Terpopuler
Khimar Fitri Pet Light Pine

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

*Mulai Rp 235.000
Tersedia / Khimar Fitri Pet Light Pine
*Mulai Rp 235.000
Stok: Tersedia
Kode: Khimar Fitri Pet Light Pine
Gamis Zahwa Pomi Honey

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 225.000
Tersedia / Gamis zahwa pomi
Rp 225.000
Stok: Tersedia
Kode: Gamis zahwa pomi
Gamis Yarasa Red ginger

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 245.000
Tersedia / Gamis yarasa
Rp 245.000
Stok: Tersedia
Kode: Gamis yarasa
SIDEBAR