Butuh Bantuan? Customer service Distributor Hijab Alila siap melayani dan membantu Anda.
INFO : Alila Fair Online sedang berlangsung, yuuk segera hubungi kami dear :) Diskon up to 30% INFO : Alila Fair Offline sedang berlangsung, yuuk segera kunjungi kami dear :) Diskon up to 70%
Beranda » Artikel Terbaru » Alhamdulillah ‘ala kulli hal

Alhamdulillah ‘ala kulli hal

Diposting pada 2 Februari 2021 oleh Distributor Hijab Alila | Dilihat: 125 kali
Ada seekor burung yang hidup di padang pasir, sedang sangat sakit, tidak ada bulu, tidak ada makan dan minum, tidak ada tempat tinggal.
Suatu hari seekor burung merpati lewat, jadi burung yg tidak bahagia itu menghentikan burung merpati dan bertanya ” Mau pergi kemana? ” Merpati itu menjawab “Aku akan pergi ke surga”.
Maka burung yang sakit itu berkata, “Tolong cari tahu, kapan penderitaanku akan berakhir?” Burung merpati itu berkata, “Tentu, aku akan melakukannya.”
Burung merpati melanjutkan perjalanannya mencapai surga dan membagikan pesan burung yang sakit itu kepada malaikat di pintu surga.
Malaikat itu berkata, “Selama tujuh tahun ke depan hidup burung tersebut akan menderita seperti itu, tidak ada kebahagiaan sampai saat itu.”
Burung merpati berkata, “Ketika burung yang sakit mendengar ini, dia pasti berkecil hati. Bisakah engkau wahai malaikat menyarankan solusi untuk ini?”

Sang malaikat menjawab, “Katakan padanya untuk selalu berdoa, “Alhamdulillah alla kulli haal”
Burung merpati itu kemudian bertemu dengan burung yang sakit dan menyampaikan pesan malaikat itu kepadanya.
Saat tujuh hari merpati itu lewat lagi, dia melihat burung yang sakit itu sangat senang, bulunya tumbuh di tubuhnya, tanaman kecil tumbuh di daerah gurun, kolam kecil air juga ada di sana, burung itu bernyanyi dan menari riang. Merpati itu tercengang. Malaikat telah mengatakan bahwa tidak akan ada kebahagiaan bagi burung itu selama tujuh tahun ke depan.
Melihat keadaan ini, burung merpati pergi mengunjungi malaikat di gerbang surga. Burung merpati itu bertanya kepada malaikat. Malaikat pun menjawab, “Ya memang benar tidak ada kebahagiaan untuk burung itu selama tujuh tahun, tetapi karena burung itu selalu mengucapkan, “ALHAMDULILLAH ‘ALA KULLI HAAL” dalam setiap situasi, hidupnya berubah.
Ketika burung itu jatuh di atas pasir panas dia berkata, “ALHAMDULILLAH ‘ALA KULLI HAAL”
Ketika tidak bisa terbang dia berkata, “ALHAMDULILLAH ‘ALA KULLI HAAL.”
Ketika haus dan tidak ada air di sekitarnya, dia berkata, “ALHAMDULILLAH ‘ALA KULLI HAAL”
Apapun situasinya, burung itu terus mengulang, “ALHAMDULILLAH ‘ALA KULLI HAAL” dan karena itu takdir tujuh tahun berubah menjadi tujuh hari.
Ketika saya mendengar cerita ini, saya merasakan perubahan besar dalam cara saya merasakan, berpikir, menerima dan melihat kehidupan.
Saya mengadopsi kalimat ini dalam hidup saya. APA PUN situasi yg saya hadapi, saya mulai mengucapkan ini “ALHAMDULILLAH ‘ALA KULLI HAAL”
Dari Aisyah radhiyallahu ‘anhuma, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika melihat (mendapatkan) sesuatu yang dia sukai, beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam mengucapkan,
الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِى بِنِعْمَتِهِ تَتِمُّ الصَّالِحَاتُ
“Alhamdulillahilladzi bi nimatihi tatimmush sholihat (Segala puji hanya milik Allah yang dengan segala nikmatnya segala kebaikan menjadi sempurna). Dan ketika beliau mendapatkan sesuatu yang tidak disukai, beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam mengucapkan,
الْحَمْدُ لِلَّهِ عَلَى كُلِّ حَالٍ
“Alhamdulillah ‘ala kulli hal (Segala puji hanya milik Allah atas setiap keadaan).” (HR. Ibnu Majah. Syaikh Al Albani mengatakan hadits ini hasan)
Keadaan terakhir inilah tingkatan tertinggi dalam menghadapi musibah yaitu seseorang malah mensyukuri musibah yang menimpa dirinya. Keadaan seperti inilah yang didapati pada hamba Allah yang selalu bersyukur kepada-Nya, dia melihat bahwa di balik musibah dunia yang menimpanya ada lagi musibah yang lebih besar yaitu musibah agama. Dan ingatlah musibah agama tentu saja lebih berat daripada musibah dunia karena azab (siksaan) di dunia tentu saja masih lebih ringan dibandingkan siksaan di akhirat nanti. Karena musibah dapat menghapuskan dosa, maka orang semacam ini bersyukur kepada Allah karena dia telah mendapatkan tambahan kebaikan.
Dari Abu Hurairah, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
مَا يُصِيبُ الْمُسْلِمَ مِنْ نَصَبٍ وَلاَ وَصَبٍ وَلاَ هَمٍّ وَلاَ حُزْنٍ وَلاَ أَذًى وَلاَ غَمٍّ حَتَّى الشَّوْكَةِ يُشَاكُهَا ، إِلاَّ كَفَّرَ اللَّهُ بِهَا مِنْ خَطَايَاهُ
“Tidaklah rasa capek, rasa sakit (yang terus menerus), kekhawatian, rasa sedih, bahaya, kesusahan menimpa seorang muslim sampai duri yang menusuknya kecuali Allah akan menghapus dosa-dosanya dengan musibah tersebut.” (HR. Bukhari).

Bagikan informasi tentang Alhamdulillah ‘ala kulli hal kepada teman atau kerabat Anda.

Alhamdulillah ‘ala kulli hal | Distributor Hijab Alila

Belum ada komentar untuk Alhamdulillah ‘ala kulli hal

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Orang lain melihat produk ini, mungkin Anda juga tertarik?

Paling Laris
Gamis Denim Pocket Light Denim

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 355.000
Tersedia / Gamis Denim Pocket Light Denim
Rp 355.000
Stok: Tersedia
Kode: Gamis Denim Pocket Light Denim
Paling Laris
Khimar Luxy Marble

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 90.000
Tersedia / Khimar Luxy Marble
Rp 90.000
Stok: Tersedia
Kode: Khimar Luxy Marble
Edisi Terbatas
Gamis Batik Ethnic⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣ Summer Kids

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 195.000
Pre Order / Gamis Batik Ethnic⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣ Summer Kids
Rp 195.000
Stok: Pre Order
Kode: Gamis Batik Ethnic⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣ Summer Kids
Edisi Terbatas
Gamis Lily Flo Brown

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 255.000
Tersedia / Gamis Lily Flo Brown
Rp 255.000
Stok: Tersedia
Kode: Gamis Lily Flo Brown
SIDEBAR